UD Trucks membuka Pabrik Perakitan Truk yang telah di modernisasikan

JAKARTA: PT UD Trucks Indonesia bersama dengan PT Tjahja Sakti Motor (TSM) dan PT Gaya Motor, pada hari ini meresmikan pembukaan pabrik perakitan truk model Quester. Pabrik perakitan truk ini merupakan pabrik modernisasi UD Trucks yang sesuai dengan standar Volvo.


Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Yan Sibarang Tandiele, – Duta Besar Swedia di Indonesia Johanna Brismar Skoog, - Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto, dan – Senior Vice President of UD Trucks Asia Jacques Michel secara resmi membuka pabrik perakitan truk pertama sebagai wujud komitmen lanjutan UD Trucks di Indonesia.


Komitmen lanjutan ini merupakan upaya UD Trucks untuk mengusung tema ‘Going the Extra Mile’ – yang menjadi komitmen UD Trucks dalam memperkuat kehadirannya kepada para pelanggann di Indonesia. Sejak lebih dari 35 tahun yang lalu, UD Trucks sudah berada di Indonesia melalui merk dagang ‘Nissan Diesel’. Sejak menjadi bagian dari Grup Volvo pada tahun 2007, truk yang tersedia di Indonesia adalah Quester yang merupakan model heavy duty truck yang dirancang untuk melayani kebutuhan sektor pertambangan, konstruksi, distribusi dan transportasi jarak jauh.


Menurut Valery Muyard, Presiden Director UD Trucks Indonesia, “Pembukaan fasilitas ini merupakan upaya berkelanjutan UD Trucks terhadap pasar di Indonesia, setelah launching produk Quester di Indonesian Mining Expo 2013. Quester dibangun dengan fokus terhadap pasar Asia, khususnya Indonesia dengan memiliki seri truk skala berat yang lengkap dan modern yang menekankan pada desain rancang bangun transportasi jarak jauh untuk melayani berbagai aplikasi industri, termasuk pertambangan, konstruksi, dan distribusi.”


Sejak tahun 2012, Indonesia menjadi salah satu pasar paling penting bagi UD Trucks di Asia, yang menyumbang sebagian besar pendapatan dari Grup Volvo di wilayah ini. Penetrasi UD Trucks yang kuat di Indonesia merupakan faktor yang paling penting di balik posisi Grup Volvo - yang kuat dan terus bertumbuh.


Presiden Direktur Gaya Motor Ary Mariano menambahkan,“ Dalam memenuhi standar dan spesifikasi proses perakitan UD Trucks Quester ini, Gaya Motor telah  menambah jumlah tenaga kerja serta menambah investasi peralatan dan permesinan. Kami juga telah melakukan pelatihan baik didalam maupun diluar negeri, kami berharap bahwa tenaga kerja trampil dapat tercipta dan dapat berkontribusi untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sehingga dapat menampung perakitan truk Quester ini.”


Dengan investasi sekitar USD 3 juta, pabrik perakitan truk memiliki fasilitas seluas 12,000 m2 di lokasi Gaya Motor. Fasilitas ini telah mempekerjakan karyawan sebanyak lebih dari 200 orang yang diharapkan mampu merakit sebanyak 200 unit per bulan model Quester dengan tipe Quester 64R 370 WB 3700, 4300, Quester 64R 280 WB 3700 (mixer), 4300, 5600, 6100, Quester 64T 370, Quester 64T 330, Quester 64T 280 dan Quester 42T 280.


Berkerja sama dengan PT Gaya Motor dan PT Tjahja Sakti Motor yang bernaung di bawah Astra International, dalam investasi ini memberikan nilai tambah bagi UD Trucks mengingat pengalaman yang dimiliki PT Tjahja Sakit Motor sebagai importir dan logistic service, serta PT Gaya Motor sebagai perakitan kendaraan bermotor di Indonesia.


Selain itu, UD Trucks telah melakukan berbagai investasi pada jaringan dealernya yang kian berkembang – PT United Tractors Tbk dan PT Astra International Tbk- UD Trucks Sales Operations, seperti fasilitas distribusi suku cadang Balikpapan, Kalimantan Timur, yang dibuka pada bulan November 2014.


Pada tahun yang sebelumnya, bukti mengenai komitmen jangka panjang brand ini diwujudkan, ketika UD Trucks meluncurkan Quester – truk modern Jepang kelas heavy-duty yang dapat menyesuaikan dengan sebagian besar persyaratan transportasi. Truk ini juga tetap mempertahankan konsumsi bahan bakarnya yang prima, kapasitas muatan, performa, dan daya tahan.


Tidak hanya fokus kepada dealer, produk dan fasilitas, UD Trucks juga telah memperbarui dukungan layanan dengan peralatan, teknologi, proses, serta  infrastruktur yang modern, guna mendukung produk modern ini. Hal ini dilakukan untuk memastikan pelanggan mendapatkan uptime terbaik dan memperoleh produktivitas maksimal dari Quester mereka di seluruh Indonesia dalam berbagai aplikasi. Teknisi terlatih di seluruh jaringan siap menjamin bahwa Quester itu selalu berfungsi dan meraih penghasilan serta membawa keuntungan bagi pelanggan kami.



Sejak tahun 2007, UD Trucks telah menjual lebih dari 25.000 truk di Indonesia, dan dengan fasilitas ini, UD Trucks diharapkan dapat menjual dan merakit beragam model lain sesuai dengan kebutuhan pasar di Indonesia.


Untuk mengetahui lebih banyak kisah dari UD Trucks, kunjungi situs


http://www.udtrucks.com/


UD Trucks adalah penyedia solusi transportasi, yang mengkhususkan diri di bidang efisiensi bahan bakar dan uptime. Perusahaan ini menjual dan melayani truk light, medium, dan heavy duty,  serta kendaraan khusus. UD Trucks didirikan di Jepang pada tahun 1935 dan menjadi bagian dari Grup Volvo pada tahun 2007. Dengan kantor pusatnya yang terletak di Ageo, Jepang, UD Trucks mendukung penjualan dan layanan di lebih dari 60 negara melalui jaringan di seluruh dunia. Pada tahun 2014, lebih dari 24.000 truk UD dikirim di seluruh dunia.   

Tjahja Sakti Motor adalah agen pemegang merk dan importir beberapa kendaraan bermotor seperti BMW, Mini, Peugeot, UD Trucks. Perusahaan ini didirikan dari tahun 1962 dan bernaung di bawah Astra International sejak tahun 1985. TSM juga menyediakan jasa penanganan logistik dan pergudangan untuk merk2 tersebut.